Honda Fit IDSI AT 2003

Honda Fit (Jazz kalau di Indonesia) adalah sebuah mobil compact hatchback 5 pintu yang fenomenal. Pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 2001 dan pada tahun 2002 Honda Motor Co., Ltd memutuskan untuk memproduksinya secara global. Di Indonesia sendiri, Honda Jazz mulai diproduksi pada tahun 2004.

Honda Fit sendiri, pertama kali masuk ke Indonesia sekitar tahun 2003 akhir sebagai mobil CBU, dan baru pada tahun 2004 ada versi CKD nya. Perbedaannya ada pada sistem exhaust yang sudah memakai sistem EGR pada Jazz CBU dan VIN yang dimulai dengan huruf MHR untuk Jazz CBU dan MRH untuk Jazz CKD serta no mesin yang diawali huruf P (Pattaya, Thailand) untuk versi CBU dan J (Jakarta) untuk versi CKD.

Di kabin yang membedakan versi CBU dengan versi CKD adalah fiturnya yang terasa lebih lengkap, seperti adanya gantungan baju pada pegangan tangan atas penumpang belakang dan gantungan shopping bag di belakang sandaran jok depan, lampu kabin yang matinya meredup, heater dan pernik-pernik lainnya

Honda Jazz generasi kedua diperkenalkan pada tahun 2007 di Jepang Mobil ini menawarkan wheelbase yang lebih panjang, lebih lebar, dan panjangnya juga bertambah secara keseluruhan. Mulai dijual di Indonesia awal tahun 2008.

Honda Jazz generasi ketiga diperkenalkan di Jepang pada tahun 2013. Pada pertengahan tahun 2014, Honda Jazz generasi ketiga mulai dipasarkan di Indonesia, walaupun desain bodi dan interior berubah total, namun mesin masih tetap sama dengan generasi kedua.

Kehadiran Honda Fit pada awal dekade 2000 diterima dengan baik di Jepang. Honda Fit merupakan mobil compact hatchback yang menggabungkan antara performa mesin yang handal di kelasnya serta tingkat konsumsi bahan bakar yang rendah. Selain itu, Honda Fit juga merupakan mobil compact hatchback dengan tingkat keselamatan tertinggi di kelasnya. Honda Fit telah meraih Japan New Car Assessment Program dan meraih rating maksimal; 6 bintang untuk Driver Seat serta Passenger Seat nya. Rating ini merupakan hasil tertinggi yang pernah dicapai oleh sebuah mobil compact hatchback di kelasnya. Selain itu, Honda Fit juga telah melalui tes uji tabrak menyeluruh di fasilitas Honda Motor-Real World Crash Test di Tochigi, Jepang.

Kalau disuruh memilih Fit tahun 2003 atau Jazz tahun 2004 yang lebih mahal harga pasarannya, aku memilih Fit, karena versi CBU ini memiliki fitur yang lebih lengkap daripada versi CKD nya.

Dari sisi kenyamanan berkendara pun, walau mesinnya hanya 1300cc tapi lebih cihui daripada mesin 1500cc milik Jazz. Dengan transmisi CVT (matic), mobil ini masih dapat lari di tol sampai 150kpj dengan tenang dan stabil.

Kalau dulu aku paling anti beli mobil matic, apalagi kalau sudah berumur, tapi sekarang mobil ini sudah mengubah pandanganku soal mobil matic. Apalagi (kebetulan) pemilik sebelumnya sangat merawat mobil ini, sehingga walau ketika jatuh ke tanganku sudah berusia 10 tahunan, tapi kilometer nya masih sangat rendah dan mesinnya terawat sekali. Setelah berpindah tangan, yang langsung diganti hanyalah shockbreaker karena memang sudah umurnya untuk diganti. Sekarang PR nya tinggal ganti per supaya mobilnya terlihat lebih akrab dengan tanah.

Ini adalah mobil Honda kedua ku, dan ternyata memang merk ini yang paling dapat membuatku tersenyum waktu mengendarainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *