Mematikan Windows Ketika Proses Setup Awal

Pada proses setup Windows 10, kita harus selesaikan seluruh step proses instalasi sampai muncul desktop Windows, baru kita bisa mematikan komputer dengan benar.

Ini akan jadi masalah ketika kita ingin me reset komputer untuk dijual, karena setelah proses reset, Windows akan booting dan langsung masuk ke proses setup lagi, sehingga mau tidak mau kita harus menyelesaikan proses setup itu lagi sampai ke desktop sebelum dapat mematikan komputer.

Padahal idealnya, ketika pemilik baru pertama kali menghidupkan komputer, yang muncul adalah proses setup, bukan desktop, sehingga dia merasakan benar-benar setup Windows dari awal sesuai preferensinya.

Sebenarnya ada caranya, yaitu dengan memunculkan command prompt dan menjalankan perintah shutdown dari command prompt.

Untuk memunculkan command prompt caranya adalah dengan menekan Shift+F10 (di beberapa notebook, F10 dicapai dengan menekan tombol Fn, jadi Shift+Fn+F10).

Setelah muncul command prompt, ketikkan perintah ini:

shutdown /s /t 0

Dimana /s adalah parameter untuk shutdown (bukan restart), dan /t adalah waktunya, jadi /t 0 adalah parameter untuk shutdown setelah 0 detik perintah ini dijalankan, alias langsung shutdown.

Setelah di enter, maka komputer akan mati dengan benar, dan ketika dihidupkan, komputer akan kembali masuk ke proses setup, sehingga pemilik baru komputer kita akan senang.

Leave a comment

Your email address will not be published.