DNS Telkom Speedy

Ceritanya mau ngabisin quota Speedy, tapi kok ngga bisa konek kemana2 ya?.. ping punya ping ngga bisa.. Iseng2 ping ke IP nya mail server, hmm kok bisa.. Coba ganti DNS ah..

Browsing2 sebentar dan ketemu DNS lainnya Speedy, masukin semua deh DNS yang ada:

#sudo vi /etc/resolv.conf

Trus masukin deh koleksi DNS yang dapet dari web yang ada..

nameserver 203.130.206.250
nameserver 202.134.0.155
nameserver 202.134.0.61
nameserver 202.134.2.5
nameserver 203.130.196.5
nameserver 202.134.1.10
nameserver 202.134.0.155

#Hajar sekalian, masukin DNS nya Indosat:

nameserver 202.155.0.10
nameserver 202.155.0.15

Overkill hahahaha… Sekarang Speedy nya bisa lagi deh, hehehehe..

*Heran kan ngga bisa konek kemana2 kok bisa browing.. hehehe..
**Browsing nya pake Telkom Flash dulu..
***Yes, I’m big fans of Telkom internet product.. *rolling eyes*

Telkomsel Flash dan Ubuntu..

..Ternyata bersahabat..

Baru hari ini telkomsel flash ku aktif setelah menunggu sebulan lebih dan bolak balik ke grapari.. but it’s another story lah..

Setelah aktif, tantangan berikutnya gimana cara menggunakannya di Ubuntu, secara software yang disediakan hanya untuk Windows dan Mac..

First thing first, aku coba tancapkan modem Huawei yang didapat dari paketannya telkomsel flash ini, kemudian di terminal aku ketik:

# lsusb

Dan ternyata it’s there.. Modem nya dikenali oleh Linux..

Bus 004 Device 001: ID 0000:0000
Bus 003 Device 005: ID 12d1:1003 Huawei Technologies Co., Ltd. E220 HSDPA Modem
Bus 003 Device 001: ID 0000:0000

Langkah selanjutnya brarti tinggal bikin dial up dengan menggunakan modem ini.. Contek dulu init string nya di Windows, trus bikin deh konfigurasinya di Linux:

# sudo vi /etc/wvdial.conf

Kemudian ketik konfigurasi dibawah ini deh:

[Dialer Defaults]
Modem = /dev/ttyUSB0
Baud = 460800
Init1 = AT
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Init3 = AT+CGDCONT=1, “IP”, “internet”
ISDN = 0
Modem Type = USB Modem
Phone = *99#
Username = ”
Password = ”

There.. Save deh file nya.. Kemudian dicoba deh dial.. Jalankan:

# wvdial

Dan setelah keluar cryptic message yang banyak, akhirnya muncul deh peringatan kita dapet IP berapa, DNS berapa, etc.. Brarti sudah konek nih.. Untuk memastikan, coba pake perintah:

# ifconfig

Kalo interface ppp0 sudah dapet IP, kemungkinan besar kita sudah terkoneksi ke Internet..

Lebih pastinya lagi, coba ping ke salah satu situs yang ada di internet..

Dan untuk lebih meyakinkan lagi, coba browsing deh..

The good news is, lampu di modem menunjukkan warna cyan.. it means.. HSDPA!!